Breaking News

Komunitas Sedekah Rombongan

Pas banget hari ini adalah hari Jum'at, hari yang berkah untuk bersedekah. Nah, kalau kanti-kanti bingung mau menyalurkan sedekah lewat lembaga apa, bisa lewat Komunitas Sedekah Rombongan lho. Bahkan kanti-kanti juga bisa menjadi relawan. Kita kenalan dulu yuk sama salah satu komunitas sosial di Jambi ini.

Logo komunitas Sedekah Rombongan



SEDEKAH ROMBONGAN (SR) adalah sebuah gerakan sosial yang berdiri sejak 6  tahun lalu tepatnya tanggal 9 Juni 2011 di Jogjakarta, Founder gerakan ini adalah Saptuari Sugiharto seorang Pengusaha dan Motivator Entrepreneur asal berbah, Jogjakarta. 



Saat ini Sedekah Rombongan telah tersebar di beberapa Provinsi, Kabupaten/Kota dengan jumlah Kurir atau Relawan sekitar 500 orang lebih dengan latar belakang sosial yang beragam, yang juga tidak digaji atau tidak mendapat biaya operasional dan transport kecuali buat pasien-pasien itu sendiri, santunan untuk pasien disampaikan 100% tanpa dipotong.  





SR hadir sebagai mitra dengan Lembaga Zakat Sedekah, dengan Yayasan Sosial bahkan Pemerintah dan bukan menjadi pesaing. SR mempunyai filosofi seperti layaknya rombongan semut yang mengangkat potongan roti bersama-sama.  



Sedekah Rombongan hingga saat ini telah menyampaikan Santunan sebanyak: 18.000an santunan atau sebesar Rp.58 Milyar lebih dengan proses pengumpulan atau penghimpunan dana tanpa proposal atau surat permohonan dana, namun melalui model Creative Giving: Seminar-seminar, Presentasi, Sosial Media. Tujuannya memberikan berita tentang ada bagian kehidupan keluarga kita sebagai manusia yang saat ini sedang menjerit lapar, kesakitan di balik dinding rumah sakit, di dalam rumah berlantai tanah yang semuanya perlu pertolongan dari kita sebagai sesama manusia.                





Sedekah Rombongan mempunyai WorkFlow : Survey, Santuni dan Dampingi. Terutama untuk pasien-pasien baru yang sangat perlu pendampingan dan memediasi dengan menyiapkan kebutuhan Jaminan Kesehatan untuk Pasien sebagai upaya memberikan haknya yang diberikan Pemerintah atau dengan biaya umum.



SR telah memiliki 15 RSSR atau Rumah Singgah Sedekah Rombongan di beberapa Kota Kabupaten sebagai Tempat transit pasien yang berobat jalan rujukan dari RSUD luar kota, SR juga sudah memiliki 30 MTSR atau Mobil Tanggap Sedekah Rombongan yang berfungsi sebagai Ambulance yang memudahkan pergerakan antar jemput pasien. Salah satu Rumah Singgah Sedekah Rombongan telah ada di Kota Jambi tepatnya di Komplek Pemda Bukit Indah, Jl. Kapten A Chatib No.45 RT.14 Kelurahan Pematang Sulur,Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.           




Sedekah Rombongan mempunyai kekuatan TTW : Trust, Twitter dan Web. Begitu banyak manusia-manusia baik yang masih mengedepankan kepercayaan dalam menitipkan dan menyampaikan sedekah, maka kecepatan informasi Twitter dan Sosmed lainya menjadi pendukung pergerakan ini yang mengerucut pada laporan santunan di WEB secara transparan. Sedekah Rombongan adalah kesatuan Para Kurir, Sedekaholic yang berniat menjadi Manusia yang berguna untuk Manusia lainnya.
Komunitas ini mempunyai Visi "Mencari Muka di Depan Tuhan" dan Misi "Menyampaikan Titipan Langit Tanpa Rumit Sulit dan Berbelit-belit". Sebagai Gerakan Sedekah Jalanan yang tak memiliki kantor dan selalu berkordinasi dan membuat administrasi di dunia maya, SR lebih mengedepankan pengkhidmatan pada para dhuafa yang sakit dan tak mampu berobat dengan menjembatani para Sedekaholics atau Donatur dengan para Pasien.
Kegiatan Komunitas adalah dalam keseharian Sedekah Rombongan aktif dalam Pemdampingan pasien dhuafa yang sedang ikhtiar kesembuhan di rumah sakit dan memnuhi segala kebutuhan pasien selama di RSSR Jambi selain itu SR juga aktif dalam memberikan bantuan lansung kepada dhuafa yang membutuhkan dalam memnuhi kehidupan sehari hari.  
Komunitas yang diketuai oleh dr. Shinta Tantri Amanda ini punya rencana dalam menyambut bulan Ramadhan nanti, yaitu komunitas SR  Jambi akan mengadakan berbagi takjil serat pembagian Sembak kepada mereka yang berhak menerimanya.
Supaya kanti-kanti nggak ketinggalan informasi, jangan lupa ikuti media sosial mereka ya 
Telp/WA            : 081174 1414 9 (Rumah Singgah SR Jambi) 
Fanspage          : Sedekah Rombongan 
Instagram          : @srupdate 
Website      : www.sedekahrombongan.com
Gimana? kanti-kanti tertarik bergabung dengan komunitas SR Jambi?

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar Tanpa Menyinggung SARA atau SPAM ya.