Breaking News

Komunitas Perpus Rakyat


Siapa disini kanti-kanti yang hobi membaca? membaca buku ya, bukan bacain update status mantan di media sosial :p 

Tahu nggak kanti-kanti kalau membaca itu banyak banget manfaatnya.  Berikut Galeri Jambi rangkum pentingnya manfaat membaca : 


đź“•Menambah Wawasan dan Pengetahuanđź“•

Masih ingat dengan pepatah yang sering kita temui di sampul buku waktu Sekolah Dasar? "Buku adalah Jendela Dunia".  Orang yang banyak membaca biasanya punya pengetahuan yang luas, nyambung diajak ngobrol ini-itu. Kita nggak perlu jauh-jauh ke Korea Selatan hanya untuk tahu makanan khas disana salah satunya adalah Kimchi, kan?  Dengan membaca kita bisa tahu hal-hal yang bahkan belum pernah kita alami atau lihat secara langsung.

đź“•Meminimalisir Konsumsi Berita Hoaxđź“•

Sekarang memang zamannya teknologi. Baca berita nggak cuma dari koran, dari telpon genggampun bisa. Lebih praktis bisa kapan saja dan dimana saja. Namun buku punya kelebihan dibandingkan informasi di media sosial. Buku biasanya dibuat dengan observasi dan penelitian yang cukup panjang oleh penulis atau kejadian nyata yang benar-benar dialami penulis.  Sehingga informasi yang kita dapatkan lebih valid.

đź“•Bisa Mengurangi Stresđź“•

Capek semingguan dihantam tugas sekolah/kuliah bertubi-tubi? baca komik atau novel humor bisa melepas penat kita lho. Dengan membaca buku-buku ringan, bisa menjauhkan kita dari stres. Sehingga kita tetap bisa bugar lagi menghadapi rutinitas.

đź“•Dapat Menambah Kosakatađź“•

Dengan rajin membaca kita pasti ketemu kata-kata baru yang mungkin jarang kita dengarkan dalam pergaulan sehari-hari. Meski begitu pasti ada saatnya kita membutuhkan padanan kata tersebut. Apalagi kalau kamu bercita-cita menjadi penulis, guru, dosen, yang membutuhkan banyak kemampuan membuat karya tulis. 

image : pixabay


đź“•Meningkatkan Konsentrasiđź“•

Biasanya kalau lagi baca buku kita butuh suasana yang tenang, kan? apalagi kalau buku yang kita baca membutuhkan pemahaman yang lebih tinggi. Dengan membaca kita akan belajar meningkatkan daya konsentrasi. Kalau kita bisa berkonsentrasi dengan baik tentu akan berdampak baik dalam hal lain yang juga membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi. 


Nah itu dia beberapa manfaat membaca yang kanti-kanti perlu ketahui. Kenapa sih kali ini kami membahas tentang membaca buku? karena kali ini kita akan berkenalan dengan komunitas "PERPUS RAKYAT". Ada yang sudah pernah dengar tentang komunitas ini?



Jadi Perpus Rakyat awalnya digagas oleh empat orang pemuda, yaitu : dirikan oleh 4 pemuda, yaitu: Lukman Hakim Dalimunthe, Andri Septiawan, Aulizar Rahman dan Andal Andrizal pada tanggal 17 November 2017.  Tujuan mereka mendirikan Perpus rakyat agar virus membaca dapat tersebar luas kepada masyarakat Jambi. 

Kegiatan rutin Perpus Rakyat adalah membuka lapak baca gratis, menulis, dan diskusi santai yang biasanya diadakan pada Sabtu malam pada acara Car Free Night, di kawasan Kota Baru, Kota Jambi. Nah cocok banget nih untuk kanti-kanti yang bingung mau ngapain pas Sabtu Malam. Daripada nongkrong nggak jelas mending baca buku dan diskusi seru bersama anggota Perpus Rakyat. 

Selain Sabtu Malam, Perpus Rakyat juga rutin membuka lapak baca pada hari Minggu di area Gubernuran samping Taman Anggrek.



Kalau kanti-kanti memang hobi membaca jangan sungkan untuk datang ke Lapak baca Perpus rakyat, ya. Jangan lupa untuk follow media sosial mereka juga. 


Instagram : @perpusrakyat 
email        :  perpusrakyat123@gmail.com

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar Tanpa Menyinggung SARA atau SPAM ya.