Breaking News

5 Tempat Makan Enak di Kabupaten Bungo


Kalau jalan-jalan ke kabupaten langkah serentak limbai seayun ini, nggak afdol rasanya kalau nggak menikmati kuliner yang enak-enak. Beberapa kali ke kabupaten ini ada beberapa tempat yang seringkali tim kami sambangi untuk memuaskan hasrat lapar perut.

Ini dia 5 rekomendasi tempat makan enak versi Galeri Jambi di kabupaten Bungo : 

1. Pempek  Olivia 

foto : Galeri Jambi

Sebagai orang Jambi, pempek udah jadi semacam makanan pokok kedua bagi kita. Dimana-mana pasti ada yang jualan  pempek dan tekwan. Tapi nggak semua pempek rasanya mantul di lidah.

Pertama kali ke Bungo, pas kami tanya teman apa rekomendasi kuliner disini? Dia langsung menyarankan pempek Olivia.  Tempatnya sih cukup sederhana yaitu ruko dengan meja kayu dan kursi  plastik serta beberapa kipas angin. 


Menunya juga bermacam-macam. Untuk pempek ada pempek lenjer, pempek telur, pempek keriting, pempek tahu, dan lain sebagainya. 

Rasanya? Beeeuh enak nian. Ikannya sangat terasa, teksturnya pun lembut nggak bikin gigi sakit ngunyahnya.Cukanya pun mantap. Pedas asamnya pas. Nggak cuma pempek, disini juga ada tekwan, model, otak-otak,  yang sama enaknya. 



Harga pempeknya mulai dari Rp3000, otak-otak Rp4000, tekwan Rp13000, cukup  terjangkau kan. Daftar harga lebih lengkapnya bisa kalihan lihat pada foto di atas.

Selain itu kami rekomendasikan juga es kacang merahnya yang juga enak. Kacang merahnya diolah lembut banget, dipadukan dengan  kuah susu dan es parut, makin nyess apalagi dimakan di siang hari yang panas. 

Alamat Pempek Olivia : Jl. Lebai Hasan, Batang Bungo, Pasar Muara Bungo, Batang Bungo, Ps. Muara Bungo, Kabupaten Bungo, Jambi 37211

2. Royal bakery and cafe



Kalau tampak luar,mungkin kalian akan kira ini hanya toko roti/kue. Awalnya kami juga mengira begitu. Tapi melihat tulisan “cafe” di papan namanya kami coba untuk masuk. 

Asumsi kami cafe disini menjual dessert manis. Meskipun itu benar, tapi kejutannya menu yang disediakan nggak cuma minuman dan dessert ala cafe tapi juga makanan berat yang enak. Misalnya nasi goreng, kwetiau, aneka olahan ikan  dan ayam. 


Rasanya? Nyummy! Apalagi untuk menu ikan nila, seperti nila saus Padang atau nila bakar, bumbunya meresap, dagingnya lembut, kuah/sausnya juga terasa pas di lidah. Nggak cuma makanannya yang enak, tempatnya juga pakai AC jadi adem dan interiornya instagramable. 



Jadi disini kalian bisa makan berat tapi juga bisa beli aneka roti dan kue untuk dibawa pulang. 

AlamatJl. Sultan Thaha, Bungo Barat, Ps. Muara Bungo, Kabupaten Bungo, Jambi 37211

3. Saiyo dimsum 


Kalau kalian suka makanan asal  negeri Cina ini,coba deh ke Saiyo Simsum yang menjual aneka dimsum. Ada varian dimsum ayam, dimsum udang, kepiting, dan rumput laut. Untuk harganya per porsi 20-25ribu rupiah saja. 

Rasanya enak karena dagingnya kerasa dan lembut. Ukurannya juga pas nggak terlalu kecil. Hanya untuk cicilan saus sambalnya terasa pedas banget. Padahal setahu kami untuk dimsum harusnya cocolan sausnya ada perpaduan rasa pedas dan asam. But it’s okay, mungkin menyesuaikan selera kebanyakan pelanggan. 

Nggak cuma dimsum yang dijual disini tapi juga ada pancake durian dan mochi ice cream. 
Untuk lokasinya dari depan masjid Agung Bungo, ada lorong di sebelah kanan. Masuk kira-kira 100 meter, lokasinya persis di persimpangan di sebelah klinik dokter kulit. Bisa juga cari di google maps, ya. Alamat : Jl. Lrg. Rajawali, Batang Bungo, Ps. Muara Bungo, Kabupaten Bungo, Jambi 37211

4. Nasi Kapau Uni Eva 


Udah lapar dan nggak mau nunggu lama? Rumah makan bisa jadi solusinya. Tapi kali ini bukan rumah makan Padang biasa. 

Nasi kapau uni Eva, merupakan rumah makan yang menjual aneka masakan Padang dan masakan rumahan. Menunya ada banyak banget jadi tenang aja kita punya banyak pilihan. Ada ayam opor, ayam bakar, ayam gulai, ayam sambal, ikan tempoyak, rendang, telur dadar, sambal tempe, sayur-sayur tumisan, banyak deh pokoknya bikin ngiler. 



Disini tuh bumbunya kerasa banget, bahkan telur dadar aja enak. Apalagi ditambah perkedel dan keripik kentangnya, makan nggak cukup nasi satu piring Untuk harganya juga bervariasi tergantung lauk yang dipilih ya. Biasanya untuk satu porsi nasi + 2-3 laukk dengan nasi tambahan dan es teh/es jeruk hanya merogoh kocek 30-35ribu rupiah. 

Pokoknya kalau ke bungo wajib coba, ramainya orang yang makan disini bisa jadi bukti kalau lauknya enak-enak. Review lengkap tempat makan ini bisa kalian lihat disini ya.

Alamat : Bungo Barat, Ps. Muara Bungo, Kabupaten Bungo, Jambi 37211

5. Aneka street food di Taman Puspa Ragam (Semagor)


Taman inni sudah terkenal masyarakat bungo dan sekitarnya kalau mau nongkrong sekaligus cari kuliner yang enak dan murah meriah. 

Disini banyak penjual kaki lima mulai dari Mie ayam, bakso, es pisang Ijo, es tebu, pisang crispy, kacang tebus, martabak, kue pancung, sate, dan masih banyak pilihan lainnya yang menggugah selera. 

Rasanya enak-enak dengan varian harga 5-15 ribu rupiah saja. Bawa keluarga kesini dengan uang 100ribu masih ada kembalian kok. Apalagi setelah makan kita bisa beraktivitas di taman, entah sekedar duduk-duduk atau nemenin anak/ponakan/adik bermain. 
AlamatJl. Baharudin, Jaya Setia, Ps. Muara Bungo, Kabupaten Bungo, Jambi 37211
***
Itu dia rekomendasinya, pilih sesuai selera kalian ya. Kalau kanti-kanti ada tambahan tempat kuliner enak di kabupaten bungo bisa komentar di bawah atau dm ke instagram kita di @galeri_jambi

Nantikan aneka review kuliner Jambi lainnya hanya di website Galeri Jambi.