Breaking News

Melihat Keindahan Pura Giri Indra Lokha

Jambi rasa Bali?

Foto : Rini Wang

Yap, kanti-kanti mungkin bisa merasakan sedikit suasana Bali ketika berkunjung ke Pura Giri Indra Lokha. Dimana Pura sendiri adalah sebutan untuk tempat ibadah umat beragama Hindu. Dimana kita tahu bahwa di Bali merupakan pulau yang memiliki mayoritas penduduk beragama Hindu. Makanya kalau kesini, kita langsung teringat akan suasana Bali dengan keindahan arsitekturnya.

Pura ini terletak di  Jl. Lingkar Selatan, Kenali Asam Bawah, Kota Baru, Kota Jambi, Jambi. Lokasinya persis di pinggir jalan lintas. Untuk menuju kesini kanti-kanti bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. 

Sumber : padangschebovenlanden0

source : Google Maps

Awal mula dibangunnya tempat ibadah ini sejak tahun 1993 oleh himpunan masyarakat Hindu di Jambi secara gotong royong. Sampai sekarang Pura ini tetap eksis menjadi tempat ibadah umat Hindu di Jambi meski dengan beberapa kali renovasi. 

Meski Pura Giri Indra Lokha merupakan tempat ibadah, bukan berarti masyarakat umat lain tidak boleh berkunjung lho. Boleh banget, namun tentu dengan syarat meminta izin terlebih dahulu kepada pengurus setempat. Asal tujuannya jelas, maka tentu saja dibolehkan. 

Sumber : Nyanabhadra Shakya

Namun ada beberapa syarat yang juga patut dipatuhi pengunjung Pura ini. Diantaranya para tamu wajib menggunakan selendang/anteng, khusus untuk tamu wanita, jika datang bulan tidak perkenankan masuk, lalu wajib mengisi buku tamu sesuai format yang yang disediakan. 

Oh ya selain berfungsi sebagai tempat ibadah, di kawasan Pura ini juga ada perpustakaan yang berisi kitab-kitab rohani, dan kelas khusus untuk anak-anak yang ingin menimba ilmu agama Hindu lebih dalam, yang tidak didapatkan di sekolah biasa. 

Sumber : padangschebovenlanden01

Sumber : padangschebovenlanden01

Sumber : Nasional Tempo

Gimana? indah banget ya arsiktektur pura ini, khas banget. Semoga di Jambi selalu tercipta kerukunan antar umat beragama. Semoga apapun agamanya, masyarakat di Jambi bisa beribadah dengan tenang. 



Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar Tanpa Menyinggung SARA atau SPAM ya.