Breaking News

Merangin Garden, Wisata Taman Bunga Instagramable di Bangko


Beberapa tahun terakhir, wisata taman bunga dengan spot-spot foto instagramable sedang menjadi trend di Indonesia. Tak terkecuali Provinsi Jambi, khususnya kabupaten Merangin dengan pusat kotanya di Bangko. 


Merangin Garden adalah wisata taman bunga yang bisa kanti-kanti kunjungi jika berkunjung ke Bangko. Sebelumnya sempat hits juga wisata taman bunga Hesti's Garden yang digagas oleh Istri Bupati Merangin. Namun sayangnya Hesti Garden terletak di Jangkat, yang memakan waktu kurang lebih 3-4 jam perjalanan lagi dari Bangko.

Maka dari itu dengan adanya Merangin Garden yang berlokasi di kelurahan Pematang Kandis, menjadi pilihan wisata masyarakat Bangko dan sekitarnya, yang dapat ditempuh dengan jarak yang lebih dekat. Hanya sekitar 10 menit dari pusat kota Bangko.

Namun untuk kanti-kanti yang berada di kota Jambi, untuk sampai kesini perlu menempuh perjalanan 5-6 jam dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Jangan khawatir, jika kesini ada banya tempat wsata lainnya yang bisa dikunjungi selain Merangin Garden, seperti Jam Gento, Geo Park, Rumah Tuo, Telago Biru, dan masih banyak lagi. Sehingga perjalanan akan tetap terasa worth it.

Bagi wisatawan pendatang, juga bisa mengandalkan Google Maps sebagai penunjuk Jalan menuju Merangin Garden. Kurang lebih 1km sebelum tempat wisata juga tersedia spanduk penunjuk arah lokasi wisata yang cukup besar. Masyarakat sekitar juga akan dengan ramah membantu jika kanti-kanti butuh petunjuk jalan yang tepat.

Biaya tiket masuknya seharga Rp15000 untuk satu orang, dan biaya parkir untuk mobil dikenakan sebesar Rp5000, sedangkan untuk motor sebesar Rp2000. Sekalipun ramai pengunjung, akan ada petugas parkir yang membantu mengarahkan dimana kendaraan kita harus diparkirkan.



Karena lokasi taman yang terbuka, jika kanti-kanti datang kesini pada siang hari tentu sengatan matahari akan begitu terasa. Namun kalian bisa menyewa payung seharga Rp5000-Rp10000 saja. 

Begitu masuk, kanti-kanti akan disambut dengan pemandangan payung warna-warni yang bergantungan. Tentu saja ini menjadi spot foto awal yang ciamik. Tipsnya cobalah untuk mengambil angle foto dari bawah, sehingga payung warna-warni akan terekspos lebih jelas. 



Selanjutnya spot utama adalah bunga-bunga yang terhampar luas, dimana kanti-kanti bisa berfoto-foto sepuasnya. Namun perlu diingat untuk berhati-hati jangan sampai saat asik berfoto ria menginjak atau merusak bunga-bunga yang ada. 

Sayang sekali tidak ada plang nama dan penjelasan jenis-jenis bunga yang ada. Sehingga untuk pengunjung awam yang tidak mengerti tanaman, maka tidak tahu apa nama jenis bunga-bunga tersebut. Seandainya ada, tentu tempat ini tidak hanya menjadi lokasi berfoto namun juga dapat menambah wawasan. 

Selain bunga-bunga ada spot-spot foto lainnya seperti rumah sangkar burung, ayunan, dan hammock. Tentu saja kanti-kanti harus antri dengan pengunjung lainnya jika ingin berfoto disini. Berharap kedepannya akan ada tambahan spot-spot foto yang lebih menarik. Sehingga pengunjung yang sudah pernah kesini, akan datang lagi. 



Kami kesana disaat suasana lebaran, sehingga ada pula permainan anak-anak yang berada di lokasi taman wisata. Kami tidak tahu apakah jika hari biasa permainan tersebut tetap ada atau tidak. 

Untuk kuliner ada pedagang-pedagang yang berjualan di sekitaran pintu masuk. Makanan yang dijual berupa air mineral, snack, bakso, mie ayam, dan es tebu. Namun di taman ini juga tidak disediakan gazebo khusus untuk tempat makan. 

Nah, apakah kanti-kanti tertarik berkunjung kesini? Jangan lupa tag foto kanti-kanti ketika berkunjung ke Merangin Garden dan tag Instagram @galeri_jambi ya.

Foto dan Tulisan oleh : Galeri Jambi

1 komentar:

  1. Sejuk dan nyaman banget ya mbak suasananya. Enak buat liburan bareng keluarga.

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar Tanpa Menyinggung SARA atau SPAM ya.