Breaking News

Melihat Wajah Baru Pasar Angso Duo, Pasar Tradisional Terkenal di Kota Jambi


"Nak kemano, kanti?"
"Nak belanjo, ke Angso Duo"

Apakah kanti-kanti sering mendengar percakapan seperti itu, terutama di kalangan ibu-ibu? Angso Duo memang merupakan pasar tradisional terbesar dan terkenal di kota Jambi. Letaknya yang berada di kawasan pasar kota Jambi membuat aksesnya mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Namun dulunya pasar ini sering menjadi masalah bagi masyarakat pengguna jalan. Dikarenakan banyaknya penjual yang berjualan hingga memakan sebagian besar jalan raya. Sehingga macet tak terhindarkan setiap harinya terutama pada jam-jam ramai. 

pasar angso duo lama yang memakai sebagai jalan raya

Oleh karena itu pemerintah setempat membuat proyek pasar Angso Duo yang baru, lokasinya bersebelahan dengan pasar yang lama. Namun tampilannya sangat jauh berbeda daripada pasar yang dulu. 

Pasar Angso Duo yang baru ini dibuat seperti pasar semi modern, dimana banyak blok-blok dibangun dengan lantai keramik, sehingga pasar tampak lebih bersih dan tentu tidak akan becek meski musim hujan sekalipun. 

Sebagai orang Jambi yang akrab dengan pasar Angso Duo, kami sangat merasakan perubahan signifikan ke arah yang lebih baik dengan adanya relokasi pasar ini. Hikmahnya, tidak ada lagi kemacetan di depan pasar, karena semua penjual wajib berjualan di dalam blok masing-masing. Sehingga arus kendaraan berjalan lancar.



Waktu kami kesana, belum ada aturan parkir sehingga parkir kendaraan masih gratis. Namun dari penjual setempat, kami mendapatkan informasi bahwa nanti akan diberlakukan biaya parkir menggunakan mesin karcis dan operator. 

Tapi dari postingan Instagram @galeri_jambi terkait pasar Angso Duo ini, ada juga kanti-kanti yang tetap ditagih uang parkir ilegal dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Masalah ini memang sering terjadi di tempat-tempat umum di kota Jambi, semoga pemerintah bergerak cepat untuk menanggulanginya. 

Kembali pada bahasan wajah baru pasar tradisional Angso Duo, selain lebih bersih disini juga lebih tertata. Untuk penjual sayuran, bumbu, dan daging, berada di blok yang terpisah-pisah. Satu blok saja berukuran sangat luas, jadi kanti-kanti wajib menyiapkan tenaga jika ingin berburu banyak bahan makanan disini. 

Pasar Angso Duo masih menjadi primadona masyarakat Jambi karena harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan pasar-pasar lainnya. Jika ingin mengadakan hajatan, tentu cocok berbelanja disini karena semua bahan tersedia lengkap.



Apalagi untuk kanti-kanti yang ingin berjualan sayur-sayuran dan bahan makanan lainnya, dapat membelinya disini dengan harga grosir. Namun datanglah pada malam hari mulai dari jam 22.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB dini hari. Pada waktu tersebut banyak agen yang menawarkan bahan makanan segar dengan harga grosir.

Selain menjual bahan makanan yang lengkap dan murah, pasar Angso Duo juga terkenal dengan sebutan pasar BJ, karena banyak penjual yang menjual baju-baju bekas yang masih bagus dengan harga yang miring. 


Bukan cuma itu saja, di dalam kawasan ini kanti-kanti akan menemukan Bank Mini dan mesin ATM. Sehingga akan lebih mempermudah konsumen dan pedagang, jika memerlukan transaksi finansial. 

Lapar saat tengah berbelanja? disinipun juga ada warung-warung makanan yang menjual aneka makanan seperti lontong dan nasi gemuk. 

Semoga ke depannya pasar ini makin dikelola dengan baik sehingga makin baju dan makin bersih. Sehingga pembeli merasa nyaman berbelanja disini. Yuk, kita dukung perekonomian lokal. 





Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar Tanpa Menyinggung SARA atau SPAM ya.