Breaking News

Nikmatnya Kuliner Khas Jambi di Rumah Makan Bu Salma

Rm bu salma Jambi

Kalau ada keluarga atau kerabat yang datang dari luar provinsi Jambi, pastinya ingin mencicipi kuliner khas Jambi, kan? Nah, membawanya ke Rumah Makan Bu Salma adalah pilihan yang tepat. Karena memang RM Bu Salma konsisten menyajikan menu masakan khas Jambi.

Ada tempoyak patin dan pindang ikan toman yang menjadi menu andalan disini. Rasanya tentu saja lezat dan membuat tangan terus menyendok nasi tambahan. Meskipun tempatnya sederhana dan agak masuk ke dalam, tapi tetap saja banyak pelanggan yang kesini terutama saat jam makan siang.
Rm bu salma Jambi
Menu di RM Bu Salma

Hal yang unik di RM Bu Salma ini adalah tempat cuci tangannya yang terdiri dari teko dan wadah alumunium. Jadi ketika melihat teko ini jangan mengira ini adalah air minum ya, tapi ini adalah air kobokan. Caranya siramkan tangan diatas wadah untuk menampung air bekas cuci tangan. Tapi kalau mau cuci tangan di bawah keran, juga disediakan kok centong air besar dengan kerannya.

teko untuk cuci tangan
Ketika kami kesini yang kami pesan adalah tempoyak patin, dan pindang kepala ikan toman. Jadi untuk ikannya bisa memilih bagian kepala/badannya. Ditambah dengan sambal terasi, cah kangkung, dan teri cabe ijo untuk menambah nikmatnya santapan. Tentu saja nasi putih juga tidak ketinggalan. 

Untuk minumannya kami memesan kelapa muda segar, langsung diminum dari buah kelapanya dan juga es jeruk. Asam manisnya tempoyak bersama air kelapa muda segar, tentu membuat makan siang kami kali itu terasa nikmat berkali-kali lipat.

tempoyak patin


Dari dulu RM Bu Salma ini terus mempertahankan cita rasanya. Bahkan suasana tempatnya pun tidak banyak berubah. Meja kayu dengan konsep lesehan, dan ada juga konsep meja biasa. Uniknya ada alas duduk bermotifkan batik Jambi.


Harga menu disini tidak menguras kantong, masih bisa dibilang terjangkau untuk ukuran tempat makan masakan khas Jambi. Mulai dari 15ribuan saja. Jadi meskipun kesini sekeluarga (5-6 orang) tidak akan habis sampai 200ribu kok. 

Kekurangan tempat ini adalah pelayanannya yang kurang ramah. Tidak jutek, tapi harusnya bisa lebih ramah. Tambahan lagi jika interiornya diperbaiki sedikit lebih modern mungkin lebih banyak pelanggan yang datang. 


Nah, kalau kanti-kanti jangan lupa untuk berkunjung ke RM Bu Salma ya. 

Alamat RM Bu Salma : Jl.Yusuf Singadekane, Sungai Putri, Danau Sipin, Kec. Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361 (Depan Grapari)

3 komentar:

  1. Kanti-kanti apa itu kak,artinya? Wah jadi pengen mampir di rm bu Salma,tapi pas denger pelayanannya kurang ramah jadi gimana gitu,hehe. Mba ceritanya sangat menarik,tapi foto2nya kurang gimana gitu,belajar fotofrafi bisa bikin tulisan mba lebih ciamik nih. Yang foto kedua dari terakhir contohnya. Kalau ambilnya agak mundur lagi semua meja utuh terambil akan terlihat lebih bagus lagi,tapi saya juga kurang tahu apakah pada saat pengambilan foto bisa mundur lagi atau tidak. Hebat mba,saya juga masih belajar nih untuk urusan fotografi. Semangat terus,nanti kalau ada kesempatan ke Jambi saya mampir ke sini.

    BalasHapus
  2. Warungnya terlihat sederhana. Tetapi, ini lihat foto-fotonya aja udah menggiurkan gini hehehe. Teko untuk cuci tangan unik banget. Baru kali ini saya lihat ada yang menyediakan teko, biasanya kobokan aja

    BalasHapus
  3. Homey banget ya suasananya, aduhhh kuah ikannya sedep banget tuh kayaknya mbak

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar Tanpa Menyinggung SARA atau SPAM ya.