Breaking News

Komunitas Kelas Inspirasi Kerinci


Kanti-kanti, pasti tahu kan bahwa Kerinci terkenal dengan keindahan alamnya. Namun nggak cuma itu lho, di Kerinci ada juga sekumpulan anak muda yang peduli pada isu pendidikan dan melakukan aksi nyata melalui Komunitas Kelas Inspirasi Kerinci.



Sejarah terbentuk 

Berawal dari Indonesia Mengajar yang merupakan sebuah inisiatif gerakan di bidang pendidikan yang merekrut, melatih, dan mengirimkan lulusan terbaik untuk mengajar sekolah dasar di daerah pelosok Indonesia selama 1 tahun. Kontribusi Indonesia Mengajar dalam pendidikan Indonesia dimulai dari tahun 2010. Salah satu misi utama dari gerakan ini adalah mengajak berbagai pihak, termasuk masyarakat umum, untuk turut terlibat aktif dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan bangsa. Ajakan ini hadir dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah Kelas Inspirasi. 



Bermula dari teman-teman Indonesia Mengajar dan beberapa relawan profesional yang ingin berkontribusi pada pendidikan Indonesia, lahirlah konsep Kelas Inspirasi. Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia. Para profesional diajak untuk menceritakan mengenai profesinya. Harapannya, para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar. Bagi para relawan, Kelas Inspirasi dapat memberi pengalaman mengajar di depan kelas sebagai bentuk kontribusi nyata dan aktif terhadap perbaikan masa depan bangsa. Interaksi antara para profesional dengan siswa dan guru SD diharapkan dapat berkembang nantinya menjadi lebih banyak gagasan dan kegiatan yang melibatkan kontribusi kaum profesional. 

Setelah sukses diselenggarakan dari ratusan kota/kabupaten, pada bulan Mei 2017 sejumlah relawan dari Kerinci maupun Sungai Penuh mulai berkoordinasi untuk mempersiapkan Kelas Inspirasi Kerinci 1. Kegiatan puncaknya (biasa disebut dengan Hari Inspirasi) dilaksanakan 24 Juli 2017 di 4 SD yang ada di Kec. Kayu Aro. Dan menyusul dengan kesuksesan Kelas Inspiras Kerinci 1, maka kemudian dilanjutkan dengan Kelas Inspirasi Kerinci 2 yang diselenggarakan 15 Februari 2018 di 5 SD yang ada di Kec. Kayu Aro. Dari dua kali penyelenggaraan kegiatan ini, berhasil menarik perhatian relawan dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bandung, Denpasar, Palembang, Jambi, Padang, dan tentunya dari Kerinci maupun Sungai Penuh. Mereka sehari-harinya berprofesi sebagai staf DPR-RI, insinyur, arsitek, dosen, pengusaha, apoteker, bidan, perawat, PNS bea & cukai, PNS perpajakan, banker, hakim, staf IT, ilustrator, pegawai PLN, dan lain-lain.  



Relawan profesional dari berbagai sektor menceritakan mengenai profesinya di hadapan siswa-siswi SD selama satu hari. Harapannya, para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar. Bagi para relawan, Kelas Inspirasi dapat memberi pengalaman mengajar di depan kelas sebagai bentuk kontribusi nyata dan aktif terhadap perbaikan masa depan bangsa. Interaksi antara para profesional dengan siswa dan guru SD diharapkan dapat berkembang nantinya menjadi lebih banyak gagasan dan kegiatan yang melibatkan kontribusi kaum profesional. 

Melihat animo yang cukup besar, baik dari relawan maupun pihak sekolah, kegiatan ini direncanakan untuk diselenggarakan secara rutin, minimal 1 kali dalam setahun. Namun kegiatan ini tidak hanya terpaku pada kegiatan satu hari di Hari Inspirasi saja. Namun setelah Hari Inspirasi, para relawan diharapkan tetap dapat menjalin komunikasi dengan pihak sekolah, sehingga kemudian muncul kegiatan-kegiatan lain demi kemajuan sekolah.


Tujuan/visi & misi 

Menyediakan media untuk kaum profesional meraba, menyentuh, dan merasakan langsung tantangan pendidikan di sekolah serta memantik mereka untuk terus terlibat langsung dalam ikut membangun kemajuan pendidikan secara konkrit.  Menyediakan wahana bagi guru, kepala sekolah serta pemangku kepentingan lain di sekolah untuk membangun jejaring dengan kalangan luas yang dapat dilibatkan dalam berbagi kegiatan demi kemajuan pendidikan secara konkrit.  Menyediakan kesempatan bagi siswa-siswi untuk belajar dan membangun imajinasi tentang profesi dan karir di masa depan serta juga memperkuat rasa percaya diri dan tekad untuk terus berjuang mencapai cita-cita sedari dini.  

Cara bergabung  

Setiap akan diadakannya kegiatan, dibuka pendaftaran secara online baik sebagai relawan panitia lokal, fasilitator, pengajar, fotografer, maupun videografer. Nantinya akan dipilih relawan yang memenuhi kualifikasi untuk kemudian bergabung di kegiatan.  Jadi kanti-kanti ikuti saja ya media sosial mereka supaya nggak ketinggalan informasinya. Apalagi dalam waktu dekat akan dimulai persiapan menuju kelas Inspirasi Kerinci 3.


Kontak & medsos komunitas 
Facebook : Kelas Inspirasi Kerinci
Instagram : @kelasinspirasikerinci
Blog : http://kikerinci.wixsite.com/site
Email : ki.kerinci@gmail.com 
HP : 081343261681  

Jadi gimana? kanti-kanti yang punya passion mengajar boleh dicoba untuk ikut komunitas ini. Berbagi dan menginspirasi!


Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar Tanpa Menyinggung SARA atau SPAM ya.