Breaking News

Kecil Namun Legit, Nikmatnya Durian Daun (Durian Selat).


Siapa disini yang suka durian? Wah kalau mimin Galeri Jambi jangan ditanya, setiap tahun selalu menanti datangnya musim durian. Wajar kalau durian menjadi buah favorit banyak orang karena rasanya yang unik, legit, dan manis. Walaupun baunya cukup menyengat. 


Ngomongin durian, di Provinsi Jambi ada jenis durian unik yang rasanya lebih enak dari durian pada umumnya lho. Namanya durian daun, atau biasa juga disebut dengan durian hutan. Orang Jambi sendiri sering bilang dengan  sebutan "durian Selat". Karena memang durian ini banyak didapatkan di desa Selat, kec.Pemayung, Kab.Batang Hari.



Jika sedang musim durian, coba kanti-kanti perhatikan jalan lintas Jambi - Batang Hari, di daerah Pemayung, banyak orang berjualan durian di pinggir jalan. Nah, disinilah biasanya durian daun bisa kita temukan.

Jumlahnya bisa dibilang terbatas, makanya nggak selalu ada. Banyak orang jauh-jauh dari kabupaten lain ke Pemayung hanya untuk mencicipi nikmatnya durian selat. 

Namun jika beruntung, kanti-kanti juga bisa menemukan durian daun ini diantara penjual durian biasa di kota Jambi seperti di depan tugu juang atau kuburan cino. 


Untuk harga memang durian ini bisa lebih mahal dibandingkan durian biasa. Padahal ukurannya lebih kecil lho dari durian biasa. Berat rata-rata durian daun ini hanya kurang lebih satu kilogram. 

Ciri khas yang unik dari durian ini juga bisa kita lihat dari durinya yang kecil, panjang dan runcing.  Dari tampilan luarnya kanti-kanti bisa langsung mengenali durian selat ini. 

Soal rasa, menurut kami durian daun masih menjadi juara dibandingkan durian lokal lainnya. Meski lebih kecil dan mahal, tapi sebanding dengan jaminan rasanya yang manis, legit, dan bikin nagih tentunya. 

Ada kanti-kanti disini yang juga suka durian? Mumpung musim durian nih, waktunya untuk berburu durian daun. 


Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar Tanpa Menyinggung SARA atau SPAM ya.