Sabtu, 29 Agustus 2020

Taman Anggrek Sri Sri Soedewi Wisata Keluarga di Kota Jambi

Taman anggrek Jambi

Sesuai dengan namanya, di taman ini memang tersedia beraneka ragam jenis tanaman anggrek yang dapat dinikmati oleh pengunjung. 

Bagi kanti-kanti yang menyukai bunga anggrek maka Taman Anggrek Sri Soedewi merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi di kota Jambi. 

Taman yang diresmikan oleh ibu Tien Soeharto ini sudah dibuka untuk umum sejak tahun 1984. Ada ratusan jenis tanaman anggrek disini. Diantaranya ada 85 jenis anggrek alam, 7 jenis anggrek tanah, dan 80an jenis anggrek hibrida. 

Semua anggrek di sini dirawat secara teratur oleh pengurus Taman Anggrek di bawah naungan pemerintah kota Jambi.

Taman ini terletak sangat strategis tepatnya di kawasan perkantoran pemerintah Provinsi Jambi, di kecamatan Telanaipura. 

Tempat ini juga disebut masyarakat sebagai kawasan "gubernuran". Tentu saja untuk menuju kesini cukup mudah baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. 

wisata jambi taman anggrek

gerbang angsa taman anggrek jambi


Taman Anggrek Sri Soedewi buka dari hari Senin-Minggu mulai pukul 08.00 WIB – 17.30 WIB. 

Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau, hanya Rp4000 untuk orang dewasa dan Rp3000 untuk anak-anak. Khusus rombongan yang lebih dari  10 orang, akan mendapatkan potongan harga seribu rupiah per tiket.

Ketika memasuki taman ini , kita akan disambut gerbang dengan patung Angsa pada sisi kanan dan kirinya. 

Hewan Angsa memang menjadi ikon dari kota yang bertajuk “Tanah Pilih Pusako Betuah” Ini.  Maka jangan lupa untuk berselfie ria di tempat ini.

Selanjutnya mata akan dimanjakan dengan pemandangan ratusan anggrek berwarna-warni. Namun karena tanaman ini memiliki masa mekar yang berbeda, mungkin ada beberapa jenis yang belum terlihat berbunga ketika kalian mengunjunginya.

Dengan luas sekitar 2 hektar, kita dapat berjalan-jalan menyusuri keasrian taman ini dengan keanekaragaman tanaman anggrek. 

Jika terus ke tengah taman, maka kita akan sampai sebuah kolam  yang penuh dengan tanaman teratai dan air mancur di tengah-tengahnya.



Jika ingin beristirahat sejenak atau menikmati cemilan yang dibawah, ada beberapa gazebo untuk pengunjung. 

Duduk di sini sambil menikmati suasana taman yang asri dan sejuk tentu bisa melepaskan segala penat yang ada. 

Karena tempatnya yang cukup luas dan asri, Taman Anggrek Sri Soedewi ini kerap dijadikan acara gathering oleh komunitas/lembaga/kantor.  

Membawa anggota keluarga kesini juga menjadi pilihan yang tepat. Karena di dalam Taman Anggrek Sri Soedewi ini juga terdapat beberapa permainan anak seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan perosotan. Selain itu anak juga dapat belajar mengenal aneka jenis tanaman anggrek.

Untuk menambah daya tarik wisatawan, pada awal tahun 2019 pemerintah kota Jambi merenovasi Taman Anggrek Sri Soedewi dengan membangun jembatan dan area serba guna di depan taman tersebut. 




Area tersebut kemudian digunakan sebagai lapak penyewaan mainan anak dan komunitas penyewaan buku gratis. 

Bahkan ada live accoustic dimana pengunjung juga dapat menyumbangkan suaranya untuk menghibur pengunjung. 

Sebelum adanya wabah Covid-19 setiap sore Taman Anggrek Sri Soedewi akan ramai dengan pengunjung yang rata-rata membawa anak-anaknya untuk bermain. 

Pada hari mingu akan semakin ramai karena lokasinya persis berada di area Car Free Day kota Jambi.

Meski wabah covid-19 belum berakhir, pengunjung tetap dapat datang dengan menaati protokol covid-19 dan tetap menjaga jarak. 



 


0 komentar

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Tanpa Menyinggung SARA atau SPAM ya.