Minggu, 18 Juli 2021

Lemang Kancung Beruk, Kuliner Khas Kerinci

Lemang Kancung Beruk, Kuliner Khas Kerinci
foto : @rimahutabarat

Indonesia kaya akan kulinernya yang khas dari setiap daerah, termasuk dari Provinsi Jambi tepatnya di Kabupaten Kerinci

Dari konten kanti kito @rimahutabarat, bercerita tentang kuliner Lemang Kancung Beruk. 

Namanya aneh terdengar, tapi rasanya sangat lezat. Makanan ini bukan jajanan yang dijual bebas di pasar. Hanya terhidang pada saat acara Kenduri Sko di daerah Lempur dan sekitarnya. 

Pas pertama kali ikut Kenduri Sko, kemaruk banget lihat lemang ini. Di rumah pertama aku makan sepuasnya, ternyata pas mampir di rumah kedua, ketiga, dan seterusnya setiap rumah menghidangkan makanan ini. 

Jadilah waktu pulang aku udah kelenger nggak karuan. Kantung Semar sebagai wadah memasak ketan putih ini banyak tumbuh liar di sekitar Danau Lingkat. 

Baru bisa makan ini jika sedang ada tamu tur yang kebetulan memesan dan dimasakkan secara khusus. Kalau kamu pernah nonton Upin Ipin, di salah satu episode ada scene Kak Ros lagi masak lemang kantung Semar ini.

Dalam bahasa latinnya kantung semar adalah  Nepenthes ampullaria yang paling khas dari genus Nepenthes, bisa ditemukan di Borneo, Sumatra, Thailand, Semenanjung Malaysia, Singapura, Kepulauan Maluku, dan New Guinea (sumber: Wikipedia).

foto : arisko_firdaus055


Jenis kantung semar ini disebut juga kantung semar "vegetarian" karena tidak memakan serangga melainkan daun-daun atau tumbuhan lain yang hidup disekitarnya. 

Oleh masyarakat kerinci khususnya di Desa Lempur, tanaman ini dijadikan wadah ketan yang kemudian disajikan pada acara-acara adat ataupun untuk menyambut tamu besar serta turis yang datang. 

Tertarik mencoba kuliner unik ini? Yuk kunjungi Bumi Sakti Alam Kerinci.

Baca juga : Review Cemilan Jambi Keripik Jamur Tiram Koerintji

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Tanpa Menyinggung SARA atau SPAM ya.