Jumat, 16 Juli 2021

Tiga Masjid di Bungo yang Nyaman Untuk Singgah dan Ibadah

Bungo adalah salah satu kabupaten di kota Jambi. Kabupaten yang ramai dan maju perekonomiannya. Kalau menurut kami, Bungo ini kalau ada mall besar dan bioskop, maka sudah seperti kota Jambi. 

Jika berkunjung ke Bungo apalagi kalau kita dari perjalanan yang cukup jauh, maka untuk umat Islam, maka Masjid menjadi tempat singgah yang nyaman karena memang sekalian untuk menunaikan ibadah sholat.

Ada tiga masjid yang lokasinya mudah diakses, desainnya bagus, nyaman, alat sholatnya tersedia banyak, serta tempat wudhu dan toiletnya bersih. 

Tiga Masjid di Bungo yang Nyaman Untuk Singgah dan Ibadah


Yuk simak ulasannya satu persatu di bawah ini. 

1. Masjid Agung Al-Mubarak Muara Bungo

masjid agung bungo
dok.Galeri Jambi


Berlokasi di pinggir jalan lintas Bungo-Bangko, masjid ini mudah ditemukan apalagi memang area dan bangunannya yang sangat besar sangat menarik perhatian mata. 

Jika kanti-kanti bertanya pada masyarakat sekitar, pasti semua tahu keberadaan masjid ini. Karena memang masjid ini menjadi pusat kegiatan keagamaan umat Islam di Kabupaten Bungo seperti sholat hari raya atau tabligh Akbar.

Parkirannya sangat luas, sehingga mau mobil, mini bus atau bus besar sekalipun dapat parkir di sini dengan leluasa. Sebenarnya parkirnya gratis, namun sering ada anak-anak yang menjual jasa bantu parkir dan kita bisa bayar seikhlasnya. 

Bangunannya masjidnya pun sangat luas, bisa menampung ribuan jamaah. Atapnya yang tinggi dengan pintu di sisi kanan kiri dan belakang membuat suasana di dalam masjid terasa adem dan sejuk. 

Tempat wudhu yang berasa di sisi kiri masjid pun cukup luas, dan bersih. Meski tidak wajib membayar, namun disediakan kotak amal seikhlasnya untuk menjaga kebersihannya. 

Karena sering dijadikan tempat singgah dan ibadah orang-orang dari berbagai daerah, maka pedagang sekitar turut mengambil peluang dengan menjajakan makanan seperti sate, pempek, mie ayam, bakso, dan gorengan. 

Baca juga : 5 Tempat Makan Enak di Kabupaten Bungo

2. Masjid Raya Istiqomah

masjid raya istiqomah bungo
Foto oleh: HN-Okta


Lokasi berada di area pasar Bungo, sehingga juga mudah ditemukan. Masjid ini selalu ramai di setiap waktu sholat. Karena bukan hanya diisi oleh jamaah masyarakat Bungo namun juga dari berbagai daerah yang sedang mampir dan berkunjung ke sini. 

Tempat parkirnya memang nggak seluas masjid agung, namun kita tetap bisa memarkirkan kendaraan di depan ruko kosong atau di tepi trotoar yang ada di sekitar masjid. 

Masjid ini terdiri dari dua lantai, cukup luas dengan interior yang indah. Alat sholat tersedia banyak, tempat wudhu dan toiletnya pun bersih. Bahkan juga ada bilik-bilik untuk mandi. 

Baca juga : Tutorial dan Makna Tekuluk dari Kabupaten Batang Hari, Bungo, Tebo

3. Masjid Al-Jumhuriah

masjid al jumhuriah bungo
dok.Galeri Jambi


Jika kanti-kanti melihat dari arsitekturnya mungkin nggak mengira kalau gedung tersebut adalah masjid, melainkan gedung kantor atau perpustakaan.

Ya, karena memang masjid Al-Jumhuriah ini tidak memiliki kubah bulat seperti masjid-masjid pada umumnya. Mungkin memang sengaja didesain modern agar lebih menarik perhatiaan jamaah. 

Masjid ini juga terdiri dari dua lantai, dan biasanya yang dipakai untuk sholat berjamaah itu berada di lantai atas karena di bawah menjadi tempat pengajian dan taman baca Alqur'an untuk anak-anak. 

Meski nggak cukup luas, namun masjid ini juga sejuk dan bersih, serta tersedia banyak alat sholat. Hanya saja tempat wudhu'nya sangat kecil sehingga kalau ramai kita harus sabar mengantri. 

Itu dia tiga masjid di Kabupaten Bungo yang nyaman untuk singgah dan ibadah. Tentunya di setiap tempat ibadah sudah seharusnya kita menjaga adab, sikap, dan kebersihan ya kanti-kanti. 


0 komentar

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Tanpa Menyinggung SARA atau SPAM ya.