Kamis, 13 Juli 2017

Jambi Daerah Mana?

Cukup kaget juga pada zaman sekarang masih ada yang bertanya "Jambi itu daerah mana ya?" Bahkan ketika kami mengecek google trend dengan kata kunci "Jambi" dalam waktu 30 terakhir (update september 2020) kata kunci pertama yang muncul adalah "Jambi Daerah Mana".

logo provinsi Jambi


Letak Provinsi Jambi


Memang Jambi bukan provinsi yang besar sehingga orang-orang di luar pulau Sumatera yang jarang piknik nggak tahu bahwa Jambi adalah provinsi sendiri bukan tergabung di Lampung atau Medan seperti yang mereka kira. Nah kalau kanti-kanti ketemu orang yang bilang Jambi itu dimana? segera siapkan penjelasan dibawah ini supaya pengetahuan mereka bertambah.

Provinsi Jambi memiliki luas 53.435 km2, secara geografis terletak antara 0,45° Lintang Utara, 2,45° Lintang Selatan dan antara 101,10°-104,55° Bujur Timur. Di sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Riau, sebelah Timur dengan Selat Berhala, sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan dan sebelah Barat dengan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Bengkulu. Kondisi geografis yang cukup strategis di antara kota-kota lain di provinsi sekitarnya membuat peran provinsi ini cukup penting terlebih lagi dengan dukungan sumber daya alam yang melimpah.

peta Jambi

Tambahkan juga penjelasan ke mereka bahwa Jambi merupakan Provinsi yang perkembangannya cukup pesat. Bandaranya saja sekarang sudah bertahap internasional, ada icon keren di tengah kota sebagai objek wisata favorit lokal maupun wisatawan yaitu menara dan jembatan pedestrian Gentala Arasy. Bahkan gojek sudah ada lho di kota Jambi. 

Fakta Unik

👍 Jambi juga memiliki 9 kabupaten dan 2 kotamadya, dimana Jambi menjadi salah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang nama ibu kotanya sama dengan nama provinsinya. 
👍 Jambi juga dikenal dari film Sokola Rimba yaitu film yang berkisah tentang perjalanan Butet Manurung seorang relawan yang mengajar anak-anak di suku anak dalam, bukit nasional 12 Jambi
👍 Tapi gara-gara film di atas banyak orang luar Jambi yang mengira bahwa Jambi isinya orang-orang yang berpakaian seperti suku anak dalam di film tersebut. Padahal Suku anak dalam jumlahnya hanya sedikit dari seluruh penduduk Jambi. Kita-kita berpakaian kayak orang biasa lah. *konfirmasi* 😅

Itu sedikit Fakta Unik yang bisa kamu tambahkan saat orang-orang bingung Jambi itu dimana, padahal kalau mereka datang kesini bisa-bisa jatuh cinta dan nggak mau pulang.

Kota dan Kabupaten di Provinsi Jambi

  1. Kabupaten Kerinci
  2. Kabupaten Bungo 
  3. Kabupaten Merangin
  4. Kabupaten Sarolangun 
  5. Kabupaten Batanghari 
  6. Kabupaten Muaro Jambi 
  7. Kabupaten Tanjung Jabung Barat
  8. Kabupaten Tanjung Jabung Timur
  9. Kabupaten Tebo 
  10. Kota Jambi
  11. Kota Sungai Penuh
Secara administratif, jumlah kecamatan dan desa/kelurahan di Provinsi Jambi tahun 2019 sebanyak 141 Kecamatan dan 1.375 Desa/Kelurahan, dimana jumlah Kecamatan dan Desa/Kelurahan terbanyak di Kabupaten Merangin yaitu 24 Kecamatan dan 215 Desa/Kelurahan. 


Wisata Terkenal di Provinsi Jambi


Jembatan, Menara, dan Museum Gentala Arasy (Kota Jambi)
Tugu Keris Siginjai (Kota Jambi)
Danau Sipin (Kota Jambi)
Taman Anggrek (Kota Jambi)
Candi Muaro Jambi (Muaro Jambi)
Danau Kaco (Kerinci)
Gunung Kerinci (Kerinci)
Danau Pauh (Jangkat, Merangin)
Gunung Masurai (Merangin)
Makam Sultan Thaha (Tebo)
Lubuk Beringin (Bungo)
Taman Nasional Berbak (Tanjung Jabung Timur)
Water front City (Tanjung Jabung Barat)
Air Hitam Laut (Tanjung Jabung Timur)
Taman Selaras Putri Pinang Masak (Tanjung Jabung Timur)

Makanan Khas Jambi 


Di Jambi beberapa kuliner khas yang terkenal adalah tempoyak, bumbu dari fermentasi buah durian yang dimasak berkuah dengan ikan sungai (nila/patin).

Selain tempoyak ada juga pindang khas Jambi, kue masuba, kue padamaran, gulai tepek ikan, nasi gemuk, pempek sambal, gulai terjun, gulai tekuyung, lempok durian, dodol kentang kerinci, gandus, kue muso.


1 komentar

Silahkan Berkomentar Tanpa Menyinggung SARA atau SPAM ya.
EmoticonEmoticon